Jumat, 12 Mei 2023

 

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2

(Ali Almustofa, CGP Angkatan 7 Kabupaten Grobogan)

 

 

Tujuan Pembelajaran Khusus

1.      CGP dapat menganalisis tentang  visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.

2.      CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada. Tujuan Pembelajaran Khusus

3.      CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video

4.      CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini

 

ANALISIS VIDEO PRAKTIK BAIK                                                                   

Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Visi Sekolah tempat guru tersebut mengabdi :

"MEMBENTUK PESERTA DIDIK BERKARAKTER,KREATIF,MANDIRI, DAN KOLABORATIF"

 

Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa Perubahan: "Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar "

 

Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Pertanyaan utama: Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar ?

 

 

 

 

 

Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

 a. B

Buat Pertanyaan Utama:

Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah tentang prakarsa perubahan yang akan dilakukan

Guru berkoordinasi dengan teman sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan yang akan dilakukan

Meminta pendapat murid untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan semangat belajar

Meminta pendapat murid tentang apa saja yang disukai di dalam kelas

Mengajak murid untuk berkunjung kekelas 2 dan kelas 6 guna melihat hal-hal yang mereka sukai

 

A

Ambil Pelajaran:

Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi dari  pendapat serta pengalaman murid.

Murid diajak untuk mengambil pelajaran dari kelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semnagat.

 Guru juga memberikan kesempatan murid untuk melakukan observasi/wawancara di kelas lain untuk mencari inspirasi seluas-luasnya.

Guru memfasilitasi murid dalam kelompok untuk mendiskusikan apa yang mereka sukai dari kelas lain dan apa yang disukai dari kelas kita sendiri.

Guru menampung semua pendapat murid

Guru memandu murid untuk mencari pengalaman positif dari kelas lain untuk dijadikan pelajaran

 

G

Gali Mimpi :

Menyusun gambaran/ bayangan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan sehingga menjadi penyemangat belajar

Guru meminta murid untuk membayangkan kelas impian mereka

Guru memfasilitasi setiap kelompok menganalisis alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambarkan kelas impian

Guru meminta murid untuk menjelaskan design kelas yang mereka impikan sebagai penyemangat belajar

Guru meminta murid untuk menyampaikan/ mempresentasikan gagasan dari tiap kelompok dari kelas yang mereka impikan

 

J

Jabarkan Rencana :

Guru membimbing murid untuk mendata hal-hal yang dibutuhkan kelas impian

Murid diajak berkontribusi dalam menentukan kebutuhan membuat kelas impian dan dibagi tugas secara berkelompok sebagai tanggungjawab Bersama

 

A

Atur Eksekusi :

Guru dan murid menyepakati waktu pelaksanaan design kelas impian dengan pembagian tugas yang jelas, antara lain kebersihan kelas, membuat hiasan dinding, menyusun bangku dan buku, memasang hiasan pada dinding.

Guru juga melakukan pendampingan serta penyelesaian apabila terdapat kendala serta memotivasi dan mengapresiasi hasil prakarsa perubahan

 

Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Dalam memprakarsai sebuah prakarsa perubahan perlu adanya kolaborasi dari berbagai pihak di bawah pelopor prakarsa. Nah disini, peran pemimpin sangatlah berpengaruh terhadap proses/ tahapan terlaksananya prakarsa perubahan. Berikut analisis Peran pemimpin dalam video praktik baik:

1.      Guru/ pemimpin pembelajaran berusaha menggunakan pendekatan berbasis aset. Ia berusaha membuka pemahaman dan kesadaran akan kekuatan yang ada melalui kekuatan/potensi dalam berkolaborasi

2.      . Guru mengarahkan murid untuk fokus pada kekuatan kelas dalam mewujudkan impiannya

3.      Guru sebagai pemimpin pembelajaran mampu memetakan sumber daya yang ada di sekolahnya sesuai dengan kompetensinya untuk mewujudkan kelas nyaman dan menyenangkan sehingga menjadi penyemangat belajar

4.      Memberdayakan kemampuan murid untuk membayangkan kelas impian dan mewujudkannya

5.      Guru mampu mewujudkan suasana kelas yang nyaman sesuai tujuan masing-masing siswa dengan bekerja secara bersama-sama (kolaborasi)

 

Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Sebagai sebuah komunitas, sekolah dapat memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya dengan berbagai pendekatan, salah satunya pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset. Dalam tayangan video tersebut, aset tersebut terbagi menjadi beberapa modal. Modal utama pemimpin pembelajaran dalam tayangan video dan pemanfaatannya, antara lain:

1. Modal Manusia

Guru: mampu mengarahkan, memfasilitasi, serta mewujudkan kelas impian murid yang nyaman dan menyenangkan sehingga menjadi penyemangat dalam belajar

Murid: mampu membuat design/sketsa kelas impian dengan membuat hiasan, membersihkan lantai, merapikan kursi, dan melengkapi kelas dengan sudut baca/ rak buku

2. Modal Sosial: Adanya lingkungan yang saling mendukung, berkerjasama, harmonis, hubungan yang sehat, serta toleransi dalam mewujudkan impian bersama. Lingkungan ini menjadi aset yang sangat berpotensi mewujudkan tujuan/ visi bersama.

3. Modal Agama dan Budaya: adanya kebiasaan bergotong royong antar guru (teman sejawat) dan antar murid sehingga dimanfaatkan untuk mewujudkan impian bersama yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan

4. Modal Fisik: tersedianya ruang kelas, buku paket di perpustakaan, meja, kursi, papan tulis, alat tulis, dan lainnya. Pemanfaatannya ialah memberdayakan perlengkapan yang ada untuk menciptakan kelas yang nyaman dengan hiasan dinding dan design kelas

5. Modal Lingkungan/ Alam: Hiasan yang didapat dari lingkungan sekitar sekolah kemudian dikreasikan dan ditempel di dalam kelas impian.

6. Modal Finansial: tersedianya peralatan dan perlengkapan seperti buku bacaan yang kemudian diletakkan di sudut baca kelas. Pemanfaatannya ialah dengan peralatan dan perlengkapan tersebut, murid di kelas dapat berkolaborasi membersihkan kelas, menata kursi-meja, dan menghias dinding.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  MODUL 3.3 KONEKSI ANTAR MATERI PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID Ali Almustofa CGP Angkatan 7 Kabupaten Grobogan   1...